LAYANAN SISTEM TELEMATIKA

Layanan Telematika merupakan  layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Layanan Telematikanya digunakan dalam beberapa bidang, 4 diantaranya :


  1. Layanan Informasi

Pengertian Layanan Informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan hidup dan perkembangannya. Tujuan layanan informasi secara umum adalah agar terkuasainya informasi tertentu sedangkan secara khusus terkait dengan fungsi pemahaman (paham terhadap informasi yang diberikan) dan memanfaatkan informasi dalam penyelesaian masalahnya.

Contohnya :

  • Navigation assistant (real-time traffic information)
  • Weather, stock information
  • Entertainment and M-Commerce.

Kelebihan :

Pada layanan telematika dibidang informasi, masyarakat sudah mendapatkan layanan informasi yang cukup merata.

Kekurangan :

Pada layanan telematika bidang informasi, masih kurangnya kecepatan internet untuk layanan informasi ini sehingga masyarakat masih merasakan hambatan dalam mengakses suatu informasi.


  1. Layanan Keamanan

Layanan keamanan adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Keamanan jaringan disini adalah memberikan peningkatan tertentu untuk jaringan. Peningkatan keamanan jaringan ini dapat dilakukan terhadap :

  1. Rahasia (Privacy)

Dengan banyak pemakai yang tidak dikenal pada jaringan menebabkan penyembunyian data yang sensitive menjadi sulit.

  1. Keterpaduan Data (Data Integrity)

Karena banyak node dan pemakai berpotensi untuk mengakses system komputasi, resiko korupsi data adalah lebih tinggi.

  1. Keaslian (Authenticity)

Hal ini sulit untuk memastikan identitas pemakai pada system remote, akibatnya satu host mungkin tidak mempercayai keaslian seorang pemakai yang dijalankan oleh host lain.

  1. Convert Channel

Jaringan menawarkan banyak kemungkinan untuk konstruksi convert channel untuk aliran data, karena begitu banyak data yang sedang ditransmit guna menyembunyikan pesan.

Contohnya :

  • Emergency rescue with 911
  • Car location tracing (thief-proof)

Kelebihan :

Pada layanan telematika di bidang keamanan, masyarakat merasa lebih aman karena dapat melaporkan sesuatu menggunakan teknologi yang ada (Handphone / Komputer).

Kekurangan :

Pada layanan telematika dibidang keamanan, keamanan ini juga berdampak buruk jika ada oknum/hacker yang berniat jahat untuk membobol suatu sistem keamanan.


  1. Layanan Context  Aware dan Event Base

Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.

Contohnya :

  • Vehicle Diagnostic Service
  • Car Insurance based on driving statistic

Kelebihan :

Pada layanan context aware dan event-base, dengan ini pengguna dapat hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak/otomatis sistem yang telah mengatur agar pengguna tidak diganggu dalam waktu yang diinginkan pengguna.

Kekurangan :

Pada layanan context aware dan event-base, pengguna tidak tahu/akan terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin diganggu.


  1. Layanan Perbaikan Sumber (Resource Discovery Service)

Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan. Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM).

Contohnya : Yellow pages service

Kelebihan :

Pada layanan perbaikan sumber, tiap orang dapat bantuan lebih dalam yellow pages untuk mencari alamat/nomor telepon suatu instansi.

Kekurangan :

Pada layanan perbaikan sumber, masyarakat harus melakukan pencarian informasi secara manual karena yellow pages masih berbentuk buku.


Saran

Layanan Telematika pada zaman sekarang ini sangatlah penting dalam menunjang kebutuhan hidup terutama dalam bidang informasi. Oleh karena itu peningkatan layanan dalam bidang ini seharusnya perlu banyak peningkatan baik itu dalam ilmu pendidikan telematika, pengembangan industri kreatif bidang telematika, kecepatan akses informasi, perlindungan hukum dunia digital dan perawatan rutin terhadap alat-alat yang menunjang dunia telematika demi terciptanya masyarakat yang dapat bersaing dalam lingkup dunia.

Pemeratan akses internet keseluruh pelosok pedesaan seharusnya dilakukan pemerintah agar penduduk desa tidak selalu tertinggal dalam hal informasi.


sumber1     sumber2    sumber3


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s