[ TUGAS SOFTSKILL ] Analisis Penggunaan Aplikasi Office Dalam Smartphone Android

KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah, segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia yang diberikan maka penulis dapat menyelesaikan penulisan ilmiah ini dengan judul “Analisis Penggunaan Aplikasi Office Dalam Smartphone Android” dengan baik. Laporan penulisan ilmiah ini disusun atas dasar tugas softskill dari Pak Danang Wijayanto.

Penulis menyadari bahwa penulisan ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan mengingat keterbatasan waktu, pengetahuan dan pengalaman yang penulis miliki. Untuk itu penulis mengharapkan bimbingan, saran serta kritik yang membangun dari berbagai pihak guna menyempurnakan penulisan ilmiah ini.

Penulis telah berusaha semaksimal mungkin dalam penyusunan ilmiah ini, namun penulis menyadari masih adanya kesalahan dan kekurangan diberbagai hal, karena kebenaran semata-mata hidayah dari Allah SWT dan segala kekurangan yang ada akibat keterbatasan penulis sebagai hamba yang tak sempurna. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritikan maupun saran yang bersifat membangun sehingga dapat dilakukan perbaikan pada penulisan-penulisan yang akan datang.

Akhir kata semoga penulisan ilmilah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

 

 

Jakarta, 27 April 2014 

Penulis,          

 

 

(Luhung Ismu Rahdityo)

 

 

 

 BAB I

PENDAHULUAN

 A.  Latar Belakang Masalah

            Android merupakan produk ciptaan Google yang kian menuai sukses sejak dirilis pada 5 November 2007. Fenomena android berhasil merebut pasar menengah dan menengah kebawah yang selama ini mendambakan handphone cerdas dengan harga yang lebih murah. Android adalah perangkat lunak (software) yang didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. 

            Android menjadi sistem operasi mobile yang sangat diminati oleh segala lapisan umur, karena kemudahan dan sistemnya yang open source. Sistem Operasi ini sangat cocok bagi mahasiswa yang sangat mengutamakan kebebasan. Hal ini terlihat dari sifat dasar android, yaitu kebebasan bagi user untuk lebih bereksplorasi dengan smartphonemasing-masing. Terutama untuk mahasiswa dan pekerja kantoran yang mungkin lebih sering menggunakan aplikasi office di smartphone mereka sebagaimana aplikasi office tersebut sangat diperlukan untuk kehidupan sehari-hari dan memudahkan pengguna untuk melakukan sebuah pekerjaan yang tidak perlu repot-repot menggunakan komputer atau laptop misalnya. 

            Dari latar belakang tersebut, penulis mengambil judul “Analisis Penggunaan Aplikasi Office Dalam Smartphone Android”.

 

B.  Identifikasi Masalah

Dalam masalah ini penulis akan meneliti tentang penggunaan aplikasi office pada smartphone android. Lebih cenderung/dominan menggunakan aplikasi apa sajakah orang-orang yang menggunakan smartphone android dengan membagikan 50 kuesioner kepada konsumen smartphone android di kalangan mahasiswa dan pekerja (orang kantoran).

 

 C.  Rumusan Masalah

Penulis akan menyoroti masalah pada konsumen terhadap produk smartphone android yang mereka gunakan, yaitu :

–       Aplikasi office apa sajakah yang penting dan sering konsumen gunakan dalam kesehariannya dengan produk smartphone android?

C.  Tujuan Penelitian

            Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui tingkat kecenderungan penggunaan aplikasi dengan smartphone android di kalangan mahasiswa dan pekerja (orang kantoran) yang sering mereka 

 

D. Manfaat Penelitian

Dalam penelitian ini hanya akan membatasi pada mahasiswa dan pekerja (orang kantoran). Adapun manfaat penelitian yang dilakukan adalah :

1)    Manfaat Bagi Penulis :

  • Sebagai bentuk pengembangan ilmu serta wawasan tentang penerapan teori pada kehidupan nyata.
  • Sebagai pengalaman yang diharapkan dapat berguna di masa mendatang saat berkecimpung dalam dunia kerja.

2)    Manfaat bagi masyarakat :

Sebagai masukan atau sumber informasi bagi masyarakat tentang aplikasi office smartphone android yang akan mereka gunakan.

 

 

 

 BAB II

LATAR BELAKANG DAN HIPOTESIS

 

A.  Latar Teori

Gadget berlabel Smartphone khususnya Smartphone Android adalah gadget multimedia. Android memiliki banyak pilihan aplikasi dalam kategori hiburan(seperti pemutar video, game), edukasi(seperti Google Skymap), navigasi, dan banyak aplikasi berguna lainnya. Salah satu kategori penting Smartphone yang membuatnya menjadi ponsel berkemampuan computer adalah aplikasi office.

Android memiliki beberapa aplikasi office tersedia di Android Market. Namun tiga aplikasi yang paling memiliki banyak pengguna yaitu Document To Go milik Dataviz Inc, Office Suite Pro besutan Mobile System, dan Quick Office Pro garapan Quickoffice. Ketiga aplikasi ini memiliki fitur bisa membaca, mengedit, dan membuat file Word, Excel, dan Powerpoint. Selain itu juga bisa membaca file berformat PDF.

Ketiga aplikasi ini tersedia di Android Market dan berbayar. Dan ketiga-tiganya memiliki harga $14,99. Selain dijual di Android Market, ketiga aplikasi ini seringnya dibundling dalam OS Android merek tertentu. Seperti Document To Go menjadi bundling tablet A-note. Office Suite pro menjadi bundling Sony Ericsson Xperia Pro yang saat ini masih belum resmi masuk pasar Indonesia. Quick Office Pro menjadi bundling dalam Samsung Galaxy.

Ketiga Aplikasi memiliki fungsi yang sama, namun secara detail mereka memiliki fitur berbeda. Atau bisa juga disebut, masing-masing aplikasi memiliki kelebihan masing-masing.

 

Kelebihan Office Suite Pro:

  • Mendukung file office format lama seperti .doc(format file Word) , .xls(format file excel), dan .ppt(format file powerpoint). Dan juga mendukung file office format baru seperti .docx, .xlsx, dan .pptx.
  • Pada saat menyimpan file, terdapat pilihan menyimpan file dalam format baru, format lama, atau .txt(format file notepad).
  • Pada menu Insert, mendukung gambar, tabel, hyperlink, bookmark, komentar, footnote, dan endnote. (footnote dan endnote tidak terlihat pada office versi mobile. Tetapi apabila file dibuka di office versi komputer, footnote dan endnote akan terlihat).

 

Kelebihan Document To Go:

  • Document To Go tidak hanya sekedar viewer, namun aplikasi ini memungkinkan anda untuk membuat dan bekerja dengan file microsoft office.
  • Bisa melihat, menghapus dan membuat file dengan mudah.
  • Fitur fitur yang disediakan juga sangat mudah untuk dipahami.

 

Kelebihan Quick Office Pro:

  • Mampu menampilkan tampilan layar dokumen yang cukup jelas dan konsisten baik.
  • Ada dua pilihan untuk membuka dokumen di Quickoffice Pro: Pertama, cukup dengan membuka salah satu aplikasi (Quickword, Quicksheet, atau Quickpoint) atau langsung dari folder Dropbox atau dari media penyimpanan lain.
  • Untuk urusan menampilkan slideshow di bagian Powerpoint, Quickoffice Pro membolehkan untuk menambah bentuk-bentuk simple dari menu dan tiap-tiap bentuk ini dapat diatur ukurannya dengan menarik bagian tengahnya. Satu lagi kelebihan pada Quickoffice Pro, dapat mengimpor foto dari handphone smartphone.

 

B.  Hipotesis

1.      Office Suite Pro lebih bagus daripada Document To Go dan Quickoffice Pro.

2.      Document To Go lebih bagus daripada Quickoffice Pro dan Office Suite Pro.

3.      Quickoffice Pro lebih bagus daripada Office Suite Pro dan Document To Go.

                                                                                            

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.        Kesimpulan

Setelah melakukan observasi kepada para pengguna Smartphone Android terkhusus untuk aplikasi officenya, maka kebanyakan orang lebih memilih dan sering menggunakan Offcie Suite Pro, karena Office Suite Pro memiliki semua fitur sementara Document To Go dan Quick Office Pro bersifat saling melengkapi. Namun untuk aplikasi berbayar dengan harga yang sama, jelas sekali Office Suite Pro merupakan aplikasi office android yang paling layak untuk dibeli.

 

B.        Saran

Berdasarkan hasil kesimpulan di atas, penulis memberikan saran agar konsumen memilih aplikasi office di android sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan konsumen untuk menggunakan aplikasi tersebut.

 

 

 

 Daftar Pustaka

http://rinrinyummy.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s