[TUGAS SOFTSKILL] PENULISAN ILMIAH

Image

     I.            Latar Belakang

Pada era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi dan komputerisasi sudah semakin maju dan terus berkembang dengan cepat, sehingga membuat segala sesuatunya menjadi serba otomatis dan cepat. Penyediaan informasi yang lengkap dan akses yang mudah sangat penting untuk mendukung suatu kemajuan pengetahuan pribadi maupun organisasi.

Rutinitas yang padat serta mobilitas yang tinggi kurang memungkinkan bagi pencari informasi mendapatkan informasi yang cepat dan terbaru. Oleh karena itu fungsi ponsel pintar sangatlah berguna. Dilihat dari sisi kepraktisan dan mobilitas, ponsel pintar lebih unggul dibanding dengan menggunakan PC ataupun laptop. Dimana kegunaan ponsel pintar ini hampir setara dengan komputer dalam hal kinerja dan penggunaanya. Pesatnya pertumbuhan ponsel pintar belakangan ini karena sisi kemudahan dalam penggunaan dan sangat praktis untuk dibawa.

Mayoritas pengguna ponsel pintar sekarang ini tidak lepas dari aktifitas media sosial yang seakan menjadi gaya hidup wajib. Media sosial sangat membantu dalam hal silaturahmi kepada kerabat yang mungkin sudah sulit ditemui karena perbedaan jarak dan aktifitas. Dukungan provider dan penyedia layanan media sosial sangatlah membantu dalam hal komunikasi.

Namun akhir-akhir ini, penyalahgunaan kemudahan ponsel pintar mengundang pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk ikut berpartisipasi dalam perkembangan zaman. Dimana ponsel pintar sangatlah mudah berpindah tangan sehingga sangatlah mudah untuk kehilangan sisi privasi. Berawal dari niat iseng, biasanya oknum tidak bertanggung jawab ini berdalih meminjam ponsel pintar untuk sekedar mencari informasi di google atau sekedar melihat kinerja dari ponsel pintar kawannya. Dengan tipu daya ini biasanya privasi yang seharusnya tidak diketahui oleh orang lain bisa dengan mudah disalahgunakan. Contoh dari kasus ini misalnya “pembajakan” status dari jejaring social, entah itu facebook, tweeter, bbm, whatsap dan jejaring social lainnya. Pencurian data pribadi pun mungkin juga akan terjadi. Sangat bahaya jika penyalahgunaan ini terus terjadi.

Salah satu cara untuk mengamankan data pribadi maupun akun jejaring sosial  adalah dengan menggunakan kunci pengaman (password). Namun penggunaan kata kunci untuk sekarang ini mulai dirasa cukup menyulitkan pengguna pribadi karena kata kunci harus selalu dimasukan jika pengguna ingin mengakses data pribadinya di setiap aplikasi yang berjalan. Oleh karena itu aplikasi ini saya buat untuk lebih memudahkan user dalam mengamankan data pribadi dan akun media social yang selalu terancam bahaya penyalahguanaan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

    II.            Manfaat Teoritis Untuk Jurusan

Dengan mempelajari aplikasi ini, diharapkan mahasiswa :

  • Dapat memahami cara kerja dan alur proses dari aplikasi “dual lock-in”
  • Dapat mengimplementasikan dan mengeksplorasikan bahasa pemrograman yang telah dipelajari.
  • Mengetahui lebih jauh tentang pengunaan tool yang berkaitan dengan pembuatan aplikasi ini.

 

 III.            Manfaat Akademis Untuk Masyarakat

Adapun manfaat dari aplikasi untuk masyarakat umum yaitu:

  • Dapat mempelajari system aplikasi (terutama “dual lock-in”) lebih detil.
  • Dapat mengetahui cara penggunaan aplikasi ini.
  • Mengerti lebih dalam tentang pengamanan privasi yang seharusnya hanya diketahui diri pribadi.

 

 IV.            Teori

Pengertian

Dual lockscreen adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada system operasi android, dimana aplikasi in berfungsi untuk menjaga keamanan informasi pribadi yang sangat rentan dengan penyalahgunaan. Belajar dari kesalahan dan kelalaian user pengguna ponsel pintar adalah sebab terbentuknya aplikasi ini. Cara kerja pengamanan data dan akun jejaring social pada ponsel pintar yang berjalan pada system operasi android adalah pada saat masuk / membuka kunci layar. Dimana pengguna dihadapkan dengan dual mode untuk dapat mengakses aplikasi yang ada atau sudah terinstal.

Metode lama pengamanan privasi pada andoid saat ini sebatas pada lockscreen dengan kata sandi, pola ataupun deteksi wajah. Kelemahan dari system pengamanan inidapat terjadi jika pemilik ponsel memberikan kepercayaan pada orang kurang tepat karena kelalaian maupun kepercayaan yang berlebih. Metode lain yang ada saat ini adalah dengan memberikan kata sandi pada tiap aplikasi yang diatur. Kelemahannya adalah dalam waktu akses masuk ke dalam aplikasi  bersangkutan, karena pengguna (terutama pemilik ponsel) dituntut untuk memasukan kata sandi secara berulang-ulang untuk dappat mengakses aplikasi bersangkutan. Cara ini dirasa kurang efisien jika aktifitas  pemilik ponsel cukup sering mengakses aplikasi bersangkutan.

Kelebihan

Kelebihan dari aplikasi ini adalah untuk memudahkan akses user dan mempercepat waktu yang dibutuhkan user untuk menggunakan aplikasi yang bersifat pribadi. Dimana pengamanan privari dengan metode lama cukup manyita waktu user untuk masuk ke aplikasi yang bersifat pribadi. Selain itu, kelebihan aplikasi ini adalah cara pengamanan aplikasi pribadi yang bisa diatur sesuai dengan keinginan dari pemilik ponsel pintar.

Untuk mengamankan data pribadi maupun akun jejaring social aplikasi ini bertugas agar tidak semua aplikasi yang ada tak dapat diakses dengan cara disembunyikan dari app drawer. Aplikasi utama yang disembunyikan adalah google playstore.

Cara Kerja

Aplikasi ini bekerja saat ponsel dalam keadaaan layar yang terkunci. Jika layar akan diaktifkan kembali maka user (pemilik dan peminjam) dituntut untuk masuk salah satu mode pengguna, dalam hal ini terdapat dua mode yaitu owner mode dan guest mode.untuk lebih jelasnya tentang cara kerja dari aplikasi ini dapat dilihat pada diagram alur berikut ini.

Image

Jika pengguna mesuk ke dalam mode pemilik (owner mode) maka pengguna dituntut untuk memasukan kata sandi yang tentu saja telah diatur dan seharusnya hanya diketahui oleh pemilik ponsel. Jika sudah berhasil membuka mode pemilik, penggunaan alikasi yang ada tidak terbatas (semua aplikasi yang terpasang dapat digunakan). Pemilik ponsel dapat mengatur aplikasi apa saja yang ingin disembunyikan karena aplikasi ini telah dirancang untuk memanjakan pemilik ponsel dalam menjaga privasi.

Pada mode tamu (guest mode) maka pengguna tetap dapat menggunakan ponsel dengan hak yang terbatas. Maksudnya adalah aplikasi yang dapat digunakan hanyalah apilkasi yang tidak diatur secara pribadi. Pengguna hanya dapat menggunakan aplikasi yang dapat terlihat pada app drawer. Walaupun secara sistematik aplikasi yang disembunyikan tetap terpasang,dimana hanya dapat dilihat pada pengaturan aplikasi (jika aplikasi pengaturan tidak disembunyikan) tetapi pengguna tidak dapat masuk ke aplikasi yang telah di sembunyikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s